Keterampilan dan Pengetahuan Abad 21

Keterampilan dan Pengetahuan Abad 21 (21st Century Skills)

Skema ini menyajikan pandangan menyeluruh tentang keterampilan dan pengetahuan peserta didik abad ke-21. Ada tiga subjek inti pendidikan abad 21, yaitu: 1) Life and Career Skills, 2) Learning and innovations Skills – 4Cs, 3) Information, Median and Technology Skills.

Life and Career Skills

Life and Career skills (keterampilan hidup dan berkarir), meliputi:

1) Fleksibilitas dan adaptabilitas

Peserta didik memiliki kemampuan mengadaptasi perubahan dan fleksibel dalam belajar dan berkegiatan dalam kelompok

2) Memiliki inisiatif dan dapat mengatur diri sendiri

Peserta didik memiliki kemampuan mengelola tujuan dan waktu, bekerja secara independen dan menjadi peserta didik yang dapat mengatur diri sendiri.

3) Interaksi sosial dan antar-budaya

Peserta didik memiliki kemampuan berinteraksi dan bekerja secara efektif dengan kelompok yang beragam.

4) Produktivitas dan akuntabilitas

Peserta didik mampu mengelola projek dan menghasilkan produk.

5) Kepemimpinan dan tanggungjawab

Peserta didik mampu memimpin teman-temannya dan bertanggungjawab kepada masyarakat luas.


Learning and Innovation Skills

Learning and innovation skills (keterampilan belajar dan berinovasi) meliputi:

1) Berpikir kritis dan mengatasi masalah

Peserta didik mampu menggunakan berbagai alasan (reason) seperti induktif atau deduktif untuk berbagai situasi; menggunakan cara berpikir sistem; membuat keputusan dan mengatasi masalah

2) Komunikasi dan kolaborasi

Peserta didik mampu berkomunikasi dengan jelas dan melakukan kolaborasi dengan anggota kelompok lainnya.

3) Kreativitas dan inovasi

Peserta didik mampu berpikir kreatif, bekerja secara kreatif

Information Media and Technology Skills

keterampilan teknologi dan media informasi (Information media and technology skills), meliputi:

a) Literasi informasi

Peserta didik mampu mengakses informasi secara efektif (sumber informasi) dan efisien (waktunya); mengevaluasi informasi yang akan digunakan secara kritis dan kompeten; menggunakan dan mengelola informasi secara akurat dan efektif untuk mengatasi masalah.

b) Literasi media

Peserta didik mampu memilih dan mengembangkan media yang digunakan untuk berkomunikasi.

c) Literasi ICT

Peserta didik mampu menganalisis media informasi; dan menciptakan media yang sesuai untuk melakukan komunikasi.